Bacaan Do'a Niat Puasa dan Buka Puasa Ramadhan

Niat Puasa merupakan keutamaan yang harus dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa, karena apalah arti sesuatu yang di kerjakan tanpa ada niat, dengan adanya niat maka segala hal yang akan kita perbuat akan berjalan sesuai yang kita inginkan, jadi dengan kata lain niat merupakan awal dari segala sesuatu yang akan kita lakukan, sebagaimana apabila kita berniat untuk melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan maka insya Allah puasa yang kita jalankan akan berjalan dengan lancar sesuai dengan niat yang sudah kita lakukan sebelum menunaikan ibadah puasa.

Berbeda dengan perbuatan yang tidak dilandasi dengan niat, maka hasil yang akan di dapat kurang maximal, entah itu tidak tahan dengan godaan atau pun dengan hal yang lain yang membatalkan ibadah puasa, hal ini dikarenakan tidak ada keteguhan dalam hati untuk melakukan puasa, berbeda dengan yang dilandaskan dengan niat maka hatinya akan kuat serta kokoh dalam menghadapi segala godaan.

Doa Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadhan

Mengingat begitu berartinya niat, maka kali ini akan mencoba menuliskan mengenai Bacaan Do'a Niat Puasa dan Doa Buka Puasa agar dalam menjalankan ibadah puasa mendapatkan kesempurnaan, sesuatu yang diiringi dengan niat tentunya akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari pada yang tidak diiringi dengan niat, tetapi janganlah berniat untuk melakukan kebajikan karena itu akan merugikan dan tidak ada manfaatnya, untuk itu berniatlah terhadap sesuatu kebaikan agar kita selalu mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang kita lakukan. Berikut bacaan do'a niat puasa dan buka puasa.


Doa Niat puasa

Doa Niat Puasa
Dibaca : Nawaitu saumagadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita'ala.

Artinya : Aku berniat puasa esok hari untuk melaksanakan kewajiban bulan ramadhan tahun ini kerana Allah Taala.

Setelah membaca doa niat puasa alangkah baiknya apabila pada saat sebelum berbuka puasa untuk membaca doa kembali agar puasa yang sudah kita lakukan seharian penuh mendapatkan kesempurnaan serta mendapatkan berkah, berikut ini bacaan atau doa buka puasa.


Doa Buka Puasa

Doa Buka Puasa
Dibaca : Allahuma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika aftartu birahmatika ya arhama rohimin.

Artinya : Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.

Semoga bacaan atau doa diatas dapat menjadi sebuah bacaan yang bermanfaat  sebagai kesempurnaan ibadah puasa di bulan yang penuh dengan keberkahan dan hikmah ini Aminn,,,jangan lupa untuk membaca kata - kata SMS Ramadhan yang mungkin dapat bermanfaat juga bagi anda, sekian postingan mengenai Niat Puasa dan Doa Buka Puasa terima kasih dan selamat menjalankan ibadah puasa.

5 komentar