Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Otak Lebih Cerdas

Mempunyai daya ingat yang kuat tentu menjadi dambaan setiap orang, biasanya orang yang memiliki daya ingat yang kuat sering disebut sebagai orang cerdas atau pintar, pandai dan sebagainya, sebagian orang mungkin telah dikaruniai kelebihan mempunyai ingatan yang kuat sejak kecil, namun tahukah bahwa ada cara secara ilmiah agar daya ingat meningkat, seperti apa caranya? Dr Roshini Raj yang ahli dalam bidang kesehatan beliau juga merupakan kontributor majalah Health mengungkapkan bahwa ada 8 cara dalam meningkatkan daya ingat, melalui laman Today berikut 8 tips agar daya ingat meningkat.

Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Otak Lebih Cerdas

1. Makan Ikan Salmon

Ikan Salmon kaya akan omega-3 yang disebut DHA, Yang sangat bagus untuk otak, studi menunjukan dengan mengkonsumsi ikan salmon akan meningkatkan kognitif dan memori, untuk itu konsumsilah ikan salmon ujar Dr Roshini Raj.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran yang berwarna hijau sangat baik sekali untuk meningkatkan daya ingat, seperti bayam, kale serta yang lainnya, sayuran berwarna hijau memiliki luetin, beta karoten, folat, dan vitamin K, tahukah bahwa wanita yang mengkonsumsi satu atau dua biasanya memiliki otak 11 tahun lebih muda dari pada yang tidak mengkonsumsi sayuran hijau, tutur Raj.

3. Lemak Sehat

Apapun yang menyehatkan jantung akan menyehatkan pula pada otak, kenapa? karena kesehatan pembuluh darah di otak sangat mempengaruhi daya ingat, makanlah kacang-kacangan namun jangan terlalu banyak, mengkonsumsi kacang-kacangan terlalu banyak juga tidak baik, jadi secukupnya saja, selain itu minyak zaitun juga patut di coba, minyak zaitun memiliki oleocanthal, senyawa lain yang bagus untuk otak, penelitian menunjukan bahwa zat tersebut dapat mengurangi penumpukan protein amiloid yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.

4. Mendengarkan Alunan Musik

Mendengarkan musik Favorit akan membantu meningkatkan daya ingat, sebuah studi mengungkapkan bahwa mendengarkan musik terutama musik klasik mampu mempertajam daya ingat.

5. Tertawa

Cobalah sesuatu yang membuat Anda tertawa, dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang menonton video lucu memiliki daya ingat yang bagus, cobalah menonton video atau film lucu selama 20 menit, itu akan membantu mempertajam daya ingat.

6. Meditasi

Tes MRI dilakukan pada orang-orang yang bermeditasi ditemukan perubahan positif pada otaknya, termasuk di pusat memori, kata Raj, Untuk memulai, cobalah formasi 7-7-7 yakni 7 detik untuk bernapas, 7 detik untuk menahan nafas, dan 7 detik untuk melepaskannya.

7. Jangan putus asa

Walaupun sebagian orang menganggap bahwa, daya ingat akan mulai menurun pada usia 20 an, namun ada bagian tertentu pada otak yang akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan untuk mengintegrasikan pengalaman, keterampilan serta pengetahuan semakin memuncak di usia 60 atau 70 tahunan.

8. Mengeja Kata Di Otak

Apabila anda tidak bisa mengingat nama seseorang, padahal baru saja bertemu, Dr Raj menyarankan agar mengeja di otak selama tiga kali, sering kita tak benar-benar memperhatikan nama seseorang disaat pertemuan pertama, itu sebabnya kita tak ingat," tandasnya.

Cara meningkatkan daya ingat agar otak lebih cerdas di atas mungkin hanya beberapa bagian saja, masih ada hal-hal lain yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan seperti selalu mengkonsumsi jenis-jenis makanan sehat yang bisa meningkatkan daya ingat, sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 komentar